Shoot menggunakan teknik HandHeld

Hai guys, saya kali ini membahas tentang sedikit cara shoot, cinematography gitu…
hehehe

Gambar yang shaking atau goyang tidak karu-karuan itu,  alih – alih bisa dinikmati dengan baik, penonton akan pusing melihat gambar atau serangkain shot yang tidak stabil. Begitulah kerap terjadi ketika kita melihat liputan cameraman berita di lapangan seperti di tv tv. Tidak hanya dapat terjadi pada acara berita televisi, demikian juga pada acara musik. Kenapa hal ini bisa terjadi?

dimana sekarang banyak alat canggih dan keren – keren, nah tapi tidak semua dilakukan dengan alat yang serba ribet, disini saya membicarakan tentang Shoot menggunakan teknik HandHeld diamana anda semua bisa langsung mempraktekkannya.

Untitled-1Di tangan kameraman profesional, handheld (handholding) atau mengoperasikan kamera dengan menggunakan tangan sebagi tumpuan untuk menopang kamera, efek ini mungkin akan terlihat bagus namun ketikan dilakukan oleh kameraman pemula terutama ketika melakukan zooming pada lensa, pan dan tilt maka justru akan memperliahatkan keamatiran dari kameraman tersebut dan gambar akan menjemukan bagi audiens hehe. Hand-held merupakan tehnik menggunakan kamera tanpa menggunkan mounting seperti tripod atau monopod. Tehnik ini menggunakan kedua tangan sebagai bantuan dalam mengoperasikan kamera yang anda pegang. Tehnik ini memungkinkan untuk mengurangi / mereduce goyangan atau shake / goyang pada hasilnya.Gambar di bawah merupakan contoh cara menggunakan kamera tanpa bantuan tripod. seperti tang saya tampilkan ini :
Caranya begitu banyak !

handheld1

  1. Menggunakan ke dua tangan untuk menahan kamera
  2. Posisi kameraman sambil duduk, menggunakan lutut sebagai penahan tangan
  3. Lutut kaki kiri menahan di lantai/tanah, tehnik ini dinamakan kneeling.
  4. Pengambilan gambar dengan cara kamera dipanggul sambil tiarap

Handheld dengan cara berdiri merupakan cara paling umum, kamaremen bisa bergerak bebas untuk mengikuti subyek yang bergerak. Namun jika subyek yang kita ambil gambarnya merupakan subyek yang tak bergerak, maka kameramen bisa melakukan pengambilan gambar seperti pada gambar dua. Posisi duduk merupakan posisi paling nyaman dalam pengambilan gambar dengan syarat  subyek yang kita ambil gambarnya tidak terhalang oleh benda lain. Kedua lutut menahan kedua tangan, dengan demikian kamera akan tertahan dengan seimbang. Kelamahahan melakukan hand-held deperti ini, cameraman tidak bisa leluasa jika subyek bergerak bebas keluar dari frame lensa kamera.

pada handheld gunakan juga picture style yang tepat dan settingan pada photography bnyak diterapkan di video

Pada gambar satu merupakan cara pengambilan gambar dengan tehnik handheld secara umum. Akan tetapi sebetulnya ini merupakan cara yang paling sulit. Tidak ada bantuan untuk tumpuan sama sekali, cameraman hanya mengandalkan tubuh saja terutama kedua tangan. Yang mesi diperhatikan ketika mengambil gambar dengan posisi ini adalah posisi kaki. Posisi kaki kanan biasanya lebih depan sedikit, kira-kira 20 cm lebih depan dari kaki kiri. Maksudnya untuk menjaga kestabilan tertuama ketika cameramen melakukan pengambilan gambar pada waktu yang lebih lama.

Tehnik handheld pada gambar ketiga, menggunakan salah satu lutut untuk menahan beban, pada sebagian orang – orang teknik yang disebut juga sebagai kneeling ini  agak sulit. Ini seperti perpaduan antara cara hand-held pertama dan kedua. Pada teknik ini Kameramen tidak akan kesulitan jika tiba-tiba ia hendak berdiri untuk mengubah posisi.

Seperti pada gambar empat, kameramen melakukan pengambilan gambar seperti seorang tentara yang tiarap siaga dengan senjata api. Tehnik handheld seperti ini nyaman teruatama untuk pengambilan gambar secara candid atau tersembunyi. Dengan handheld seperti ini juga cocok untuk liputan perang misalnya. Dua siku tangan berfungsi sebagai penyangga kamera, dengan demikian pengambilan gambar akan tetap stabil.

dan ada lagi kelanjutan dari gambar diatas, dimana semuanya pada umumnya cara yang dapat membantu anda menangani sesuatu yang sulit untuk di praktekkan tanpa belajar yang benar terlebih dahul.

Ini Posisi kelanjutan :

handheld-2

  • 6. Posisi punggung kameraman sambil menyender pada dinding sang 6.
  • 7. Menggunakan ke dua siku tangan sebagai penahannya
  • 8. Kamerman menyenderkan salah satu sisi badan pada tembok sebagai penahan
  • 9. Kaki kanan atau kiri di atas  step atau tangga yang lebih tinggi dari posisi kaki lainnya.
  • 10. Mengggunakan tiang sebagai alat bantu untuk pengambilan