Apa yang dimaksud dengan Picture Style

WHAT IS PICTURE STYLE ?

Bicara tentang picture style, nah sama saja anda membicarakan tentang apa yang mudah digunakan jika malas atau tidak mau ribet setting kamera pada dslr.

Picture Style Pada Kamera EOS Digital

Picture style adalah salah satu fitur yang ada dalam kamera EOS DSLR yang memungkinkan pengguna untuk mengatur setingan warna yang sesuai dengan kesukaannya. Prinsipnya adalah melakukan setingan pada warna yang  paling sesuai dengan objek dan tema foto, yang tujuannya adalah untuk  memberikan “penekanan” pada objek foto melalui warnanya.

askdn

Picture style ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan “karakter” pada foto. Contohnya pada saat melakukan pemotretan model, tentunya kesan foto yang ingin ditonjolkan adalah warna kulit model yang natural, lembut (tidak terlalu tajam) dan terkesan bersih /sehat. Penekanan terhadap warna kulit ini bisanya lebih ditonjolkan dibanding warna pakaian yang dikenakan model, sehingga foto dapat menjadi lebih menarik dan alami. Contoh lainnya, pada saat pemotretan landscape, foto akan lebih terlihat menarik jika warna birunya langit dan hijaunya dedaunan terlihat lebih menonjol dan artistik. Semua karakter warna, kontras dan ketajaman pada foto bisa diatur dan disimpan dalam preset picture style.

 


Default Picture Style di kamera:

Secara default canon menyertakan 6 preset Picture Style yang bisa digunakan dalam situasi yang berbeda.  Pengguna bisa berpindah dari picture style satu ke yang lainnya dengan mudah pada menu kameranya.  Biasanya ditambahkan beberapa slot preset user default setting (3 slot user setting pada canon sebagai default ) yang dapat diubah sesuai selera penggunanya.

Tambahan Picture Style yang bisa di download dimana saja :

Bagi yang merasa ingin berkreasi lebih jauh dengan memanfaatkan picture style, ada tambahan slot user defined picture style selain default preset yang disediakan. preset ini dapat diatur sesuai selera dan kebutuhan.

ketika anda tidak puas dengan preset pada picture style bawaan dari dslr tersebut anda dapat mengaturnya dengan klik set pada picture style dan atur pada sharpness dll nya.

Selain itu, ada juga picture style tambahan yang bisa didownload dan ditambahkan pada kamera atau sebagai tambahan preset pada sotfware post processing, misalnya canon digital photo professional yang dibundel bersamaan pada paket kameranya.

dan jika anda ingin mengedit dan memasukkan picture style hasil olahan dan hasil downloadan anda, anda bisa saja langsung ke Cara setting dan menambah picture style pada dslr , mungkin saja anda membutuhkannya.

dan dari pembahasan diatas, kesimpulannya picture style adalah sebuah file yang dirancang oleh developer pembuat file tersebut untuk mempermudah anda dalam memotret suatu objek seperti yang anda inginkan tanpa ribet sama sekali.

yang harus anda ketahui adalah pilihlah picture style yang sesuai dengan apa yang ingin anda foto/rekam momen tersebut, karena jika anda salah dalam memilih picture style anda akan ulangi lagi proses pemilihan dan pemasukan picture style kedalam dslr.

dan sebenarnya hanya diberi 3 preset space untuk anda memasukkan picture style, pilihlah yang paling sering anda gunakan dan yang paling ingin anda gunakan.

contoh foto yang menggunakan picture style :

Emerald

terlihat jelas perbedaan antara default picture style dengan picture style pilihan anda sendiri, dimana semua nya termasuk warna dapat berubah total, ada juga yang tidak berubah begitu jauh, seperti picture style yang hanya memperkuat ketajaman gambar, mau pun yang lainnnya.

seiring berkembangnya picture style, sekarang makin banyak picture style yang ada. hehe